Kegiatan rapat koordinasi dipimpin oleh Lurah Guntung Hj.Ida Idris, SE yang dihadiri oleh Forum RT dan pihak management PT.Pupuk Kaltim, Bpk. Nur Sahid, Bpk. Joko Wicaksono, Bpk. Nandang, Bpk. Agus Herianto, Bpk. Marsidik, Bpk. Sunardi, Ibu Lita, Ibu Nia pada hari jum’at, 11 Mei 2018 pukul 14.00 wita s/d selesai dirumah 3R Kelurahan Guntung,bantuan PT.Pupuk Kaltim.
Pupuk Kaltim menyampaikan bahwa kelanjutan dari program rumah 3R harus segera
dioperasikan, dan kepengurusan KSM harus pula di berdayakan. Tim pengelolanya
adalah warga Guntung yang masuk kategori tidak mampu dan perlu pula pihak
kepengurusan KSM tersebut ada dari unsur PT. Pupuk Kaltim.
Forum RT pun berharap selalu ada pendampingan terkait program dirumah 3R
sehingga pemanfaatan dari reuse, reduce dan recyele sehingga dapat mengurangi sampah
dengan berbagai permasalahannya dapat terlaksana di Kelurahan Guntung.
Bantuan
mesin pencacah plastik dari PT.Pupuk Kaltim telah ada dirumah 3R Kelurahan
Guntung.
Untuk
lebih dapat mengoperasikan rumah 3R maka studi banding pun dilaksanakan pada
hari selasa, 15 Mei 2018 di lokasi TPA Kelurahan Sekambing. Rombongan Kelurahan,
Forum RT dan PT. Pupuk Kaltim berangkat ke lokasi pukul 09.00 wita s/d
selesai.
Dalam kunjungan tersebut dijelaskan proses pencacahan plastik yang dilakukan beberapa tahapan yaitu:
- Sampah plastik diterima dari pemulung
- Sampah plastik dibersihkan dan dikelompokkan berdasarkan jenisnya
- Sampah plastik dicacah
- Hasil cacahan sampah plastik/palet dicuci sebanyak 2 kali
- Palet dikeringkan
- Dikemas dalam karung
- Palet plastik siap dikirim
Warga
yang terlibat dalam pengoperasian pemilah sampah nantinya adalah warga
disekitar TPA sehingga hal ini merupakan lapangan kerja bagi warga disekitar nya.
Sampah
akan membawa berkah jika dikelola dengan baik, harapannya kedepan dengan adanya
rumah 3R bantuan Pupuk Kaltim dapat mempertinggi peringkat Proper PT. Pupuk Kaltim
dan tentunya mengurangi sampah di TPA Guntung dan Guntung dapat mengelola sampah yang berdampak pada perbaikan ekonomi dan peluang kerja.