Moto

GUNTUNG KAMPONG ADAT HIJAU SEJAHTERA

Minggu, 16 Februari 2020

ATASI BANJIR, FOKUS MUSRENBANG KELURAHAN GUNTUNG TAHUN 2020



Sebagai agenda rutin tahunan dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat, Kelurahan Guntung menggelar Acara Musrenbang Tingkat Kelurahan pada tanggal 28 Januari 2020 di Gedung Serba Guna Kelurahan Guntung. Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Camat Bontang Utara, Bapak Cahyo Hadi Wichakso, S.STP, Lurah Guntung Hj. Ida Idris Marsono, Bapak Febtri Manik dari Bapelitbang Kota Bontang, perwakilan dinas terkait, tokoh masyarakat, Ketua RT , LPM, Karang Taruna, Perwakilan Pupuk Kaltim, KPI, dan beberapa perusahaan yang ada di wilayah Guntung. 

Lurah Guntung, Hj. Ida Idris Marsono dalam sambutannya menekankan pentingnya program prioritas utama terkait penanganan banjir yaitu, jembatan dan jalan alternatif di RT 14, Masjid Besar Guntung, Workshop TPA Kelurahan Guntung. Senada dengan Lurah Guntung, Sekretaris Kecamatan Bapak Cahyo Hadi yang sekaligus membuka acara tersebut secara resmi menyampaikan agar semua usulan dari warga dapat disusun berdasarkan skala prioritas yang paling urgent dibutuhkan masyarakat sekaligus yang tidak kalah pentingnya meningkatkan sinergitas antara pemerintah dengan masyarakat melalui swadaya dan swakelola dalam pelaksanaan usulan musrenbang maupun produta yang semuanya berasal dari masyarakat, oleh masyarakat, diawasi masyarakat dan untuk masyarakat. 

Badan Penelitian Pelatihan dan Pengembangan Pemerintah Kota Bontang (BAPELITBANG), Bapak Febtri Manik, menyampaikan beberapa program pembangunan yang akan dilaksanakan di Kelurahan Guntung pada tahun 2020. Diantaranya adalah, pembangunan drainase RT 01, pembangunan rumah anti banjir, pembuatan jalan lingkungan di jalan Tari Jepen RT 04, peningkatan jalan lingkungan RT 06 dan RT 15, pembangunan jalan lingkungan Tari Gantar dan pembangunan puskesmas pembantu. Program tersebut masih bisa dirubah apabila warga sepakat membutuhkan penanganan yang lebih urgent. Selain itu usulan di bidang infrastruktur baik di musrenbang maupun fasilitasi pemberdayaan masyarakat (PRODUTA) harus dilengkapi dengan detail volume agar bisa dihitung analisa biaya secara tepat. 

Dalam hasil diskusi musrenbang tersebut disepakati 50 (lima puluh) item yang terkumpul dari masing-masing ketua RT. Diantaranya jalan alternatif Guntung dari RT 14 menuju jalan Pupuk Raya  berikut jembatannya, pembangunan Masjid Besar Guntung, Pembuatan Tempat Pembuangan Sampah skala besar berikut jalan menuju lokasi TPA tersebut. Dari item-item tersebut dibuatlah daftar urutan kegiatan prioritas hasil musrenbang Kelurahan Guntung untuk tahun 2021 yang akan dibawa oleh tim delegasi ke musrenbang tingkat kecamatan.(kiky)