Moto

GUNTUNG KAMPONG ADAT HIJAU SEJAHTERA

Minggu, 15 Desember 2019

STUDI BANDING KE MELAHING – MEMPERCANTIK WISATA PESISIR PULAU GUSUNG









GUNTUNG – Kunjungan ke Kampung Melahing – bersama Camat Bontang Utara, Dinas Pemuda dan Olahraga dan Pariwisata (Trendy P.), CSR PT. KDM (Bapak Drajat Sarwoadji) dan CSR PERTAMINA GAS (Yana dan Fitri) dengan  transportasi laut dari PT. Pupuk Kalitm. Selasa, 3 Desember 2019.


Kunjungan ke Kampung Melahing salah satu  RT di Kelurahan Tanjung Laut Indah Kecamatan Bontang Selatan sebagai percontohan binaan CSR PT. Pupuk Kalimantan Timur adalah bentuk upaya Kecamatan Bontang Utara dan Kelurahan Guntung serta dinas terkait bersama pihak CSR PT. KDM dalam upaya mempercantik Pulau Pesisir yang di miliki yaitu Pulau Gusung. 


Dermaga – tempat kami di sambut langsung oleh Bapak Ketua RT 30 Kelurahan Tanjung Laut Indah (Bapak Nasir) dan kapal spead yang kami tumpangi dapat menurunkan penumpang dengan mudah dan aman. Dermaga di kampung Melahing menambah keramahannya dengan membuat tulisan selamat datang berbahan daur ulang hasil pengelolaan sampah warga di Melahing, selain dapat mengurangi pembuangan sampah plastik ke laut juga dapat menghasilkan tulisan yang cantik, salah satu contoh yang baik sehingga, Bapak Drajat Sarwoadji Humas PT. KDM mengatakan “Dermaga di Kampung Melahing sangat bagus, Insya Allah bila memungkinkan dapat di aplikasikan di Pulau Gusung”. 


Camat Bontang Utara Bapak Sudi Priyanto, M.Si. yang juga pernah menjabat Lurah di Kelurahan Tanjung Laut Indah Tahun 2006 – 2008 membenarkan kenyataan sekarang dengan banyak melihat perubahan pembangunan di Kampung Melahing, selain bersih dan tertata banyaknya spot spot menarik yang ada, “walupun di laut, tanaman buah yang di tanam bisa subur dan berbuah, bisa menjadikan Melahing kampung hijau bila tanaman di perbanyak”, ungkap beliau.


Selanjutnya Lurah Guntung Hj. Ida Idris Marsono, SE mengungkapkan pula  “pulau pesisir Gusung di Kelurahan Guntung pun bisa dikelola dengan baik, tentunya dengan berdiskusi dengan pihak CSR yang ada beserta Camat dan Dinas Terkait dapat mewujudkan pariwisata berbasis kearipan lokal pulau pesisir dan pengembangan ekonomi di Kota Bontang.”