Moto

GUNTUNG KAMPONG ADAT HIJAU SEJAHTERA

Minggu, 01 Desember 2019

Tangani Sampah, FORUM RT KELURAHAN GUNTUNG ke DENPASAR “BALI”



Mengatasi Permasalahan Sampah, Lurah Guntung Ida Idris Marsono mengajak Forum RT Kelurahan Guntung melakukan orientasi lapangan ke Den Pasar Bali, dan diawali dengan kunjungan ke Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Klungkung Provinsi Bali, Rabu, 26 Oktober 2019.


Lurah Guntung dan Forum RT di sambut langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dan Pertanahan Kabupaten Klungkung Drs. Anak Agung Ngurah Kirana, M.Ag  beserta seluruh jajarannya.


Drs. Anak Agung Ngurah Kirana, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan bahwa program TOSS( Tempat Olahan Sampah Setempat) merupakan program di Kabupaten Kalungkung, bekerja sama dengan warga dan mitra perusahaan yaitu PT. PLN sinergi dengan manfaat yg di hasilkan oleh TOSS yaitu mengatasi permasalahan sampah yang ada di perkotaan dan dapat mengatasi kekurangan pasokan Listrik.


Kunjungan Lokasi TOSS, forum RT secara langsung di perlihatkan cara pengolahan TOSS, yaitu pengolahan sampah secara langsung melalui proses peuyeumisasi, briketisasi/pelletisasi dan gratifikasi dengan menggunakan bio aktivator (bebahan organik), dalam 3 hari bau akan hilang dan 10 hari volume sampah sudah berkurang kemudian di proses di mesin penggilingan dan menghasilkan briket dan pellet. Briket dan pellet yang di hasilkan dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk proses memasak dan listrik.


Lurah Guntung Ida Idris Marsono menyampaikan bahwa program yang di gagas oleh pemerintahan Kabupaten klunkung ini dapat dijadikan sebagai salah satu solusi untuk penanganan sampah bagi Forum RT di Kelurahan Guntung. Penerapannya tentu akan dimulai seluruh RT Kelurahan Guntung bersama sama warga memanfaatkan pasilitas rumah sampah atau tempat pemilahan di masing masing RT, sehingga pada akhirnya tidak ada lagi sampah yang di buang ke TPA dan tentunya hasil akhirnya mendapat nilai ekonomi alternatif. (gusli).