Moto

GUNTUNG KAMPONG ADAT HIJAU SEJAHTERA

Kamis, 17 Mei 2018

3 R oleh PT. PUPUK KALTIM




Kegiatan rapat koordinasi dipimpin oleh Lurah Guntung Hj.Ida Idris, SE yang dihadiri oleh Forum RT dan pihak management  PT.Pupuk  Kaltim, Bpk. Nur Sahid, Bpk. Joko Wicaksono, Bpk. Nandang, Bpk. Agus Herianto, Bpk. Marsidik, Bpk. Sunardi, Ibu Lita, Ibu Nia pada hari jum’at, 11 Mei 2018 pukul 14.00 wita s/d selesai dirumah 3R Kelurahan Guntung,bantuan PT.Pupuk Kaltim.


Pupuk Kaltim menyampaikan bahwa kelanjutan dari program rumah 3R harus segera dioperasikan, dan kepengurusan KSM harus pula di berdayakan. Tim pengelolanya adalah warga Guntung yang masuk kategori tidak mampu dan perlu pula pihak kepengurusan KSM tersebut ada dari unsur PT. Pupuk Kaltim.


Forum RT pun berharap selalu ada pendampingan terkait program dirumah 3R sehingga pemanfaatan dari reuse, reduce dan recyele sehingga dapat mengurangi sampah dengan berbagai permasalahannya dapat terlaksana di Kelurahan Guntung.


Bantuan mesin pencacah plastik dari PT.Pupuk Kaltim telah ada dirumah 3R Kelurahan Guntung.


Untuk lebih dapat mengoperasikan rumah 3R maka studi banding pun dilaksanakan pada hari selasa, 15 Mei 2018 di lokasi TPA Kelurahan Sekambing. Rombongan Kelurahan, Forum RT dan PT. Pupuk Kaltim berangkat ke lokasi pukul 09.00 wita s/d selesai. 

Dalam kunjungan tersebut dijelaskan proses pencacahan plastik yang dilakukan beberapa tahapan yaitu:

  1. Sampah plastik diterima dari pemulung
  2. Sampah plastik dibersihkan dan dikelompokkan berdasarkan jenisnya
  3. Sampah plastik dicacah
  4. Hasil cacahan sampah plastik/palet dicuci sebanyak 2 kali
  5. Palet dikeringkan
  6. Dikemas dalam karung
  7. Palet plastik siap dikirim



Warga  yang terlibat dalam pengoperasian pemilah sampah nantinya adalah warga disekitar TPA sehingga hal ini merupakan lapangan kerja bagi warga disekitar nya.


Sampah akan membawa berkah jika dikelola dengan baik, harapannya kedepan dengan adanya rumah 3R bantuan Pupuk Kaltim dapat mempertinggi peringkat Proper PT. Pupuk Kaltim dan tentunya mengurangi sampah di TPA  Guntung dan Guntung dapat mengelola sampah yang berdampak pada perbaikan ekonomi dan peluang kerja.