Moto

GUNTUNG KAMPONG ADAT HIJAU SEJAHTERA

Kamis, 08 Agustus 2019

MAKSUD DAN TUJUAN ERAU ADAT KUTAI DI GUNTUNG


 Maksud diadakannya Erau Adat Kutai di Kelurahan Guntung adalah, "untuk melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya lokal agar tetap terjaga kelestariannya sebagai bentuk kekayaan bangsa ".
 
Sedangkan  tujuan dilaksankannya adalah untuk:
1. Untuk memberdayakan dan meningkatkan kualitas warga Kelurahan Guntung dalam melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai kebudayaan. 

2. Sebagai bentuk pelindungan dan menghindari stigma yang kurang baik melalui partisifasi pemberian bantuan kepada masyarakat lokal. (sebagaimana diatur dalam Permendikbud No. 77 Tahun 2013 Tentang Pedoman Pembinaan Lembaga KepercayaanTerhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Lembaga Adat, Pasal. 8)

3. Kegiatan Erau Adat Kutai di Kelurahan Guntung juga  sebagai bentuk perlindungan terhadap tradisi daerah yang berkembang dalam kehidupan masyarakat Kutai (sebagaimana diatur dalam Permendikbud No.10 Tahun 2014, Pasal.6 Ayat 1 dan 2) 

4.Untuk mengajak semua pihak berkomitmen terlibat dalam pelestarian budaya lokal, sebagaimana diatur dalam (Permendageri No.39 Tahun 2007 Tentang Pedoman Fasilitasi Ormas Bidang Kebudayaan, Keraton dan Lembaga Adat dalam pelestarian dan Pengembangan Budaya Daerah, Pasal. 10, Ayat 1,2 dan 3).

5. Memberikan hiburan dan mendorong pertumbuhan ekonomi warga sekitar khususnya warga di Kelurahan Guntung. 

6.Sebagai wadah bagi mempererat tali silaturrahim antara warga, Pemerintah, Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, dan perusahaan di sekitarnya, serta mempererat tali silaturrahim antara paguyuban yang ada di Kota Bontang.

Sumber Informasi: BM