Moto

GUNTUNG KAMPONG ADAT HIJAU SEJAHTERA

Senin, 14 Januari 2019

PERESMIAN PENGOLAHAN AIR LAUT JADI AIR TAWAR (Sea Water Reverse Osmosis)



Walikota Bontang Neni Moerniaeni meresmikan sistem pengolahan air laut menjadi air tawar (Sea Water Reverse Osmosis) di Pulau Gusung, Kelurahan Guntung, Bontang Utara Kota Bontang, Senin 31 Desember 2018.

Turut hadir dalam peresmian tersebut, Lurah Guntung ibu H. Ida Idris Marsono SE, Wakil Ketua DPRD Kota Bontang Bapak Faisal, Perwakilan Dinas PUPR, Direktur Utama PT.PDAM Bontang Bapak Suramin.

Ceremoni pembukaan dimulai dengan testimoni warga setempat, dalam testimoninya Nurlaeni yang juga merupakan Ibu Dasawisma RT 3 tersebut menyampaikan luapan kegembiraannya dengan adanya Sea Water Reverse Osmosis tersebut, Ibu Nurlaeni tidak percaya bila air laut  kini dapat dijadikan air minum.


Warga yang bermukim selama puluhan tahun di Pulau Gusung Ini juga menyampaikan kondisi keluarganya sebelum adanya SWRO tersebut. Dahulu keluarganya harus ke Guntung atau Loktuan untuk mendapatkan air bersih. Kegiatan itu umumnya dilakukan oleh warga Pulau Gusung paling tidak tiga hari sekali. Itupun terkadang air yang mereka peroleh tidak selalu bersih.

Sementara itu, Dalam sambutannya Walikota Bontang menyampaikan bahwa pembangunan ini merupakan wujud nyata komitmen  Pemerintah untuk menyediakan air bersih bagi masyarakat khususnya kepada masyarakat pesisir.

Bunda Neni juga mengajak kepada Warga Pulau Gusung untuk bersama-sama mengucapkan dan membuat komitmen untuk menjaga kebersihan Laut. (Gusli Rasyd)